Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan pendidikan : Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : XI
Semester : Gasal
Pertemuan : 9
Alokasi waktu : 1 X 15 menit
I.
Standar
Kompetensi
Meningkatkan keimanan
kepada kitab-kitab Allah
II.
Kompetensi
Dasar
Menampilkan perilaku
yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
III.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
a. Siswa
dapat menyebutkan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
b. Siswa
dapat menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap kitab-kitab
Allah
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi perilaku husnuzhan:
a. Dengan metode
ceramah dan strategi kata terkait siswa dapat menyebutkan pengertian iman
kepada kitab-kitab Allah.
b. Dengan strategi one
word, siswa dapat menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap
kitab-kitab Allah.
V.
Materi
Ajar/ Materi Pembelajaran
a.
Pengertian
iman kepada kitab-kitab Allah
b.
Perilaku
yang mencerminkan keimanan terhadap kitab-kitab Allah
Nilai karakter yang
dapat dikembangkan:
a. Religius
b. Cinta
Ilmu
c. Jujur
VI.
Pendekatan/
Metode/ Strategi
Pendekatan: Keimanan
dan keteladanan
Metode : Ceramah
Strategi : Kata Berkait dan One Word
VII.
Kegiatan
Pembelajaran
a.Kegiatan
Pendahuluan
- Siswa menjawab salam
yang disampaikan oleh guru
- Siswa berdoa
bersama-sama dengan tenang
- Guru menarik
perhatian siswa dengan motivasi singkat.
Apersepsi
Guru menanyakan tentang
materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya untuk
menghubungkan dengan materi yang akan dipelajari.
Pre test
Guru menanyakan materi iman kepada kitab-kitab Allah
Acuan
Guru menjelaskan terlebih dahulu
kompetensi dasar yaitu Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap
Kitab-kitab Allah, yang mencakup
indikator: Siswa dapat menyebutkan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah dan
Siswa dapat menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap
kitab-kitab Allah
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru menjelaskan proses pembelajaran
-
Semua peserta didik mengikuti kegiatan
inti dengan aktif dan cermat.
Elaborasi
-
Peserta didik mencari informasi dalam handout selama proses
pembelajaran.
-
Strategi Kata Berkait:
è Setiap
siswa mendapat potongan kata
è Setiap
siswa membacakan potongannya masing-masing
è Siswa
menulis tiap-tiap kata dari teman-temannya dan mengaitkannya
è Beberapa
siswa diminta untuk membacakan hasilnya.
è Guru
dan siswa meluruskan jawaban yang salah.
è Guru
memberi apresiasi kepada siswa yang hasilnya relevan.
Konfirmasi
-
Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil jawaban siswa untuk meluruskan kesimpulan-kesimpulan diskusi yang
kurang tepat.
c. Kegiatan
Penutup
-
Strategi
One Word
è Siswa dibagi menjadi tiga kelompok
è Setiap kelompok diberi 3 kata yang nantinya
akan dikembangkan menjadi kalimat tentang perilaku yang mencerminkan iman
kepada kitab-kitab Allah
è Kelompok yang paling bagus diberi reward
è Guru menginformasikan materi pelajaran pada
pertemuan yang akan datang.
è Setiap siswa diberi tugas individual mencari
contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada kitab-kitab Allah selain contoh
hari ini.
è Pembelajaran ditutup secara islami.
F. Penilaian
a. Teknik Penilaian:
- Test
b.Bentuk:
- Lisan
c. Bentuk instrumen
1) Jelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab
Allah!
2) Sebutkan perilaku yang mencerminkan iman
kepada kitab-kitab Allah!
Kunci
Jawaban:
1. Pengertian iman kepada kitab-kitab
Allah adalah mempercayai dan meyakini sepenuh hati bahwa Allah SWT telah
menurunkan kitab-kitabnya kepada para nabi atau rasul yang berisi wahyu Allah
untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia
2. Contoh perilaku:
a. Meyakini bahwa benar kitab itu datang dari Allah SWT
b. Menjadikan kitab yang khusus diturunkan kepada kita sebagai
pedoman hidup atau hudan.
c. Memahami isi kandungan kitab Allah SWT.
d. Mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari
e. Mengakui dan menghormati kedudukan kitab-kitab sebelum
Al-qur'an.
f. Meyakini dan mengakui Al-qur'an merupakan kitab yang utama dan
terakhir diturunkan dan Al-qur'an membenarkan sekaligus menguji kebenaran
kitab-kitab sebelum Al-qur'an (Q.S. Al-Maidah, 5:48).
g. Meyakini dan mengakui bahwa Al-qur'an adalah untuk seluruh umat
manusia sampai akhir zaman
h. Menjalani hidup dengan landasan kita beribadah kepada Allah SWT
dan menegaskan penciptaan manusia adalah untuk beribadah kepada Allah SWT.
G.
Sumber/ Media
Sumber Belajar
Media
-
Kertas HVS
-
LCD
-
Proyektor
Mengetahui,
Dosen
Pembimbing Lapangan
Drs. H, Sarjono, M. Si
NIP.
19560819 198103 1 004
Yogyakarta,
3 Mei 2013
Praktikan
Chichi ‘Aisyatud
Da’watiz Zahroh
NIM.
10410006
MATERI
Pengertian iman kepada kitab-kitab Allah adalah mempercayai dan meyakini
sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menurunkan kitab-kitabnya kepada para nabi
atau rasul yang berisi wahyu Allah untuk disampaikan kepada seluruh umat
manusia. Dalam Al Qur’an disebutkan bahwa ada 4 kitab Allah. Taurat diturunkan
kepada nabi Musa a.s, Zabur kepada nabi Daud a.s, Injil kepada nabi Isa a.s,
dan Al Qur’an kepada nabi Muhammad SAW. Al Qur’an sebagai kitab suci terakhir
memiliki keistimewaan yakni senantiasa terjaga keasliannya dari perubahan atau
pemalsuan sebagaimana firman Allah berikut. Artinya : “Sesungguhnya
Kami yang menurunkan Al Qur’an dan Sesungguhnya Kami yang memeliharanya.”
(Al Hijr : 9)
Kitab-kitab Allah berfungsi untuk menuntun manusia dalam meyakini Allah SWT
dan apa yang telah diturunkan kepada rasul-rasul-Nya sebagaimana digambarkan
dalam firman Allah SWT berikut.
Artinya : “Katakanlah (hai
orang-orang mukmin), kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada
kami dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub, dan anak
cucunya dan apa yang kami berikan kepada Musa dan Isa seperti apa yang
diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorang
pun diantara mereka dan kami hanya patuh kepada-Nya.” (QS Al Baqarah : 136)
B. Perilaku yang mencerminkan
Keimanan Kepada Kitab Allah
Dalam mengimani kitab Allah SWT, kita juga
perlu untuk mencerminkan perilaku yang berorientasi pada kitab Allah, banyak
cara yang dapat kita lakukan antara lain:
1. Meyakini bahwa benar kitab itu datang dari Allah SWT.
2. Menjadikan kitab yang khusus diturunkan kepada kita sebagai pedoman hidup atau hudan.
3. Memahami isi kandungan kitab Allah SWT.
4. Mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
5. Mengakui dan menghormati kedudukan kitab-kitab sebelum Al-qur'an.
6. Meyakini dan mengakui Al-qur'an merupakan kitab yang utama dan terakhir diturunkan dan Al-qur'an membenarkan sekaligus menguji kebenaran kitab-kitab sebelum Al-qur'an (Q.S. Al-Maidah, 5:48).
7. Meyakini dan mengakui bahwa Al-qur'an adalah untuk seluruh umat manusia sampai akhir zaman.
8. Menjalani hidup dengan landasan kita beribadah kepada Allah SWT dan menegaskan penciptaan manusia adalah untuk beribadah kepada Allah SWT.
1. Meyakini bahwa benar kitab itu datang dari Allah SWT.
2. Menjadikan kitab yang khusus diturunkan kepada kita sebagai pedoman hidup atau hudan.
3. Memahami isi kandungan kitab Allah SWT.
4. Mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
5. Mengakui dan menghormati kedudukan kitab-kitab sebelum Al-qur'an.
6. Meyakini dan mengakui Al-qur'an merupakan kitab yang utama dan terakhir diturunkan dan Al-qur'an membenarkan sekaligus menguji kebenaran kitab-kitab sebelum Al-qur'an (Q.S. Al-Maidah, 5:48).
7. Meyakini dan mengakui bahwa Al-qur'an adalah untuk seluruh umat manusia sampai akhir zaman.
8. Menjalani hidup dengan landasan kita beribadah kepada Allah SWT dan menegaskan penciptaan manusia adalah untuk beribadah kepada Allah SWT.
Mempercayai dan meyakini
|
Bahwa Allah SWT telah
|
Kepada para Nabi
|
Kepada seluruh umat
|
Untuk disampaikan
|
Yang berisi wahyu Allah
|
Menurunkan
|
Kitab-kitab-Nya
|
Atau Rasul
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar