Selasa, 21 Mei 2013

SK. KD MI MTS MAN oke

KURIKULUM SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
MADRASAH IBTIDAIYAH, TSANAWIYAH DAN ALIYAH
BERDASAR PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA
NOMER 2 TAHUN 2008
TENTANG
STANDAR ISI DAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB DI MADRASAH
-------------------------------------------------------------------------------------------
Di olah oleh Rofik, untuk Bahan Kuliah SKI dan Pembelajarannya
Smt.  V/PAI-D,E,F Semester Gasal Tahun Akademik 2012 / 2013


TABEL STRUKTUR KURIKULUM
MADRASAH IBTIDAIYAH, MADRASAH TSANAWIYAH,
DAN MADRASAH ALIYAH

I.    TABEL STRUKTUR KURIKULUM   MADRASAH IBTIDAIYAH
Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu
I
II
III
IV, V,
dan VI
A. Mata Pelajaran




     1. Pendidikan Agama Islam




         a. Al-Qur'an-Hadis



2
         b. Akidah-Akhlak



2
         c. Fikih



2
        d. Sejarah Kebudayaan Islam



2
     2. Pendidikan Kewarganegaraan



2
    3. Bahasa Indonesia



5
    4. Bahasa Arab



2
    5. Matematika



5
    6. Ilmu Pengetahuan Alam



4
    7. Ilmu Pengetahuan Sosial



3
    8. Seni Budaya dan Keterampilan



4
    9. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan



4
B. Muatan Lokal *)



2
C. Pengembangan Diri **)



2
J u m l a h
31
31
33
39
Keterangan:
1.   Pembelajaran  pada kelas I s.d. III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan  pada kelas IV s.d. VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
2.    *)    Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi  daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
3.    **)  Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik  untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).



II.  TABEL STRUKTUR KURIKULUM  MADRASAH TSANAWIYAH
K o m p o n e n
Kelas dan Alokasi Waktu
VII
VIII
IX
A. Mata Pelajaran



     1. Pendidikan Agama Islam



         a. Al-Qur'an-Hadis
2
2
2
         b. Akidah-Akhlak
2
2
2
         c. Fikih
2
2
2
         d. Sejarah Kebudayaan Islam
2
2
2
     2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
    3. Bahasa Indonesia
4
4
4
    4. Bahasa Arab
2
2
2
    5. Bahasa Inggris
4
4
4
    6. Matematika
4
4
4
    7. Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
4
    8. Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4
    9. Seni Budaya
2
2
2
   10. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
2
   11. Keterampilan/TIK
2
2
2
B. Muatan Lokal *)
2
2
2
C. Pengembangan Diri **)
2
2
2
J u m l a h
42
42
42

Keterangan:
*) Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
**)    Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik  untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).






III.  TABEL STRUKTUR KURIKULUM  MADRASAH ALIYAH
1.   Kelas X
K o m p o n e n
Alokasi Waktu

Semester 1
Semester 2


 A.  Mata Pelajaran



      1.   Pendidikan Agama Islam



            a. Al-Qur'an-Hadis
2
2

            b. Akidah-Akhlak
2
2

            c. Fikih
2
2

            d. Sejarah Kebudayaan Islam
-
-

      2.   Pendidikan Kewarganegaraan
2
2

      3.   Bahasa Indonesia
4
4

      4.   Bahasa Arab
2
2

      5.   Bahasa Inggris
4
4

      6.   Matematika
4
4

      7.   Fisika
2
2

      8.   Biologi
2
2

      9.   Kimia
2
2

    10.   Sejarah
1
1

    11.   Geografi
1
1

    12.   Ekonomi
2
2

    13.   Sosiologi
2
2

    14.   Seni Budaya
2
2

    15.   Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2

    16.   Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2

    17.   Keterampilan/Bahasa Asing
2
2

 B.  Muatan Lokal *)
2
2

 C.  Pengembangan Diri **)
2
2

J u m l a h
46
46


Keterangan:
*)    Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).

**)  Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik  untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).

      



2.   Program IPA
K o m p o n e n
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
 A.  Mata Pelajaran




      1.   Pendidikan Agama Islam




            a. Al-Qur'an-Hadis
2
2
2
2
            b. Akidah-Akhlak
2
2
-
-
            c. Fikih
2
2
2
2
            d. Sejarah Kebudayaan Islam
-
-
2
2
      2.   Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
      3.   Bahasa Indonesia
4
4
4
4
      4.   Bahasa Arab
2
2
2
2
      5.   Bahasa Inggris
4
4
4
4
      6.   Matematika
4
4
4
4
      7.   Fisika
4
4
4
4
      8.   Kimia
4
4
4
4
      9.   Biologi
4
4
4
4
    10.   Sejarah
1
1
1
1
    11.   Seni Budaya
2
2
2
2
    12.   Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
2
2
    13.   Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
    14.   Keterampilan/Bahasa Asing
2
2
2
2
 B.  Muatan Lokal *)
2
2
2
2
 C.  Pengembangan Diri **)
2
2
2
2
J u m l a h
45
45
45
45

Keterangan:
*)    Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
**)  Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).
      




3.   Program IPS
K o m p o n e n
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
 A.  Mata Pelajaran




      1.   Pendidikan Agama Islam




            a. Al-Qur'an-Hadis
2
2
2
2
            b. Akidah-Akhlak
2
2
-
-
            c. Fikih
2
2
2
2
            d. Sejarah Kebudayaan Islam
-
-
2
2
      2.   Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
      3.   Bahasa Indonesia
4
4
4
4
      4.   Bahasa Arab
2
2
2
2
      5.   Bahasa Inggris
4
4
4
4
      6.   Matematika
4
4
4
4
      7.   Sejarah
3
3
3
3
      8.   Geografi
3
3
3
3
      9.   Ekonomi
4
4
4
4
    10.   Sosiologi
3
3
3
3
    11.   Seni Budaya
2
2
2
2
    12.   Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
2
2
    13.   Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
    14.   Keterampilan/Bahasa Asing
2
2
2
2
 B.  Muatan Lokal *)
2
2
2
2
 C.  Pengembangan Diri **)
2
2
2
2
J u m l a h
45
45
45
45

Keterangan:
*)     Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah)
**)   Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).
       








4.   Program Bahasa
K o m p o n e n
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
 A.  Mata Pelajaran




      1.   Pendidikan Agama Islam




            a. Al-Qur'an-Hadis
2
2
2
2
            b. Akidah-Akhlak
2
2
-
-
            c. Fikih
2
2
2
2
            d. Sejarah Kebudayaan Islam
-
-
2
2
      2.   Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
      3.   Bahasa Indonesia
5
5
5
5
      4.   Bahasa Arab
2
2
2
2
      5.   Bahasa Inggris
5
5
5
5
      6.   Bahasa Asing *)
4
4
4
4
      7.   Matematika
3
3
3
3
      8.   Sastra Indonesia
4
4
4
4
      9.   Antropologi
2
2
2
2
    10.   Sejarah
2
2
2
2
    11.   Seni Budaya
2
2
2
2
    12.   Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
2
2
    13.   Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
    14.   Keterampilan
2
2
2
2
 B.  Muatan Lokal **)
2
2
2
2
 C.  Pengembangan Diri ***)
2
2
2
2
J u m l a h
45
45
45
45

Keterangan:
*)     Selain Bahasa Inggris, misalnya Jerman, Mandarin, Perancis, Jepang, Arab.
**)   Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
***) Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).




5.   Program Keagamaan
K o m p o n e n
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
 A.  Mata Pelajaran




      1.   Pendidikan Agama Islam




            a. Akhlak
3
3
3
3
            b. Sejarah Kebudayaan Islam
2
2
2
2
      2.   Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
      3.   Bahasa Indonesia
4
4
4
4
      4.   Bahasa Arab
4
4
4
4
      5.   Bahasa Inggris
4
4
4
4
      6.   Matematika
4
4
4
4
      7.   Seni Budaya
2
2
2
2
      8.   Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
2
2
      9.   Tafsir
3
3
3
3
    10.   Hadis
3
3
3
3
    11.   Fikih
3
3
3
3
    12.   Ilmu Kalam
3
3
3
3
    13.   Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
    14.   Keterampilan
2
2
2
2
 B.  Muatan Lokal *)
2
2
2
2
 C.  Pengembangan Diri **)
2
2
2
2
J u m l a h
45
45
45
45

Keterangan:
*)    Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
**)  Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).





BAB VI
STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB
MADRASAH IBTIDAIYAH

LATAR BELAKANG

Di dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh peserta didik di madrasah adalah Pendidikan Agama Islam, yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah terdiri atas empat mata pelajaran,  yaitu: Al-Qur'an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. Al-Qur'an-hadis merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan sumber akidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut. Akidah (ushuluddin) atau keimanan merupakan akar atau pokok agama. Syariah/fikih (ibadah, muamalah) dan akhlak berti­tik tolak dari akidah, yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari akidah (keimanan dan keyakinan hidup). Syari’ah/fikih merupakan sistem norma (aturan) yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, sesama manusia dan dengan makhluk lainnya. Akhlak merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, dalam arti bagaimana sistem norma yang mengatur hubungan manusia dengan Allah (ibadah dalam arti khas) dan hubungan manusia dengan manusia dan lainnya (muamalah) itu menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup manusia dalam menjalankan sistem kehidupannya (politik, ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan, kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang dilandasi oleh akidah yang kokoh. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidu­pannya yang dilandasi oleh akidah.
Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Ibtidaiyah yang terdiri atas empat mata pelajaran tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Al-Qur’an-hadis, menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Aspek akidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’ al-husna. Aspek akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Aspek fikih menekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan baik. Aspek Sejarah Kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
Penyusunan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah ini dilakukan dengan cara mempertimbangkan dan me-review  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk SD/MI, serta memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006 , tanggal 1 Agustus 2006, tentang Pelaksanaan Standar Isi, yang intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.

TUJUAN

Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam pada masa lampau, mulai dari sejarah masyarakat Arab pra-Islam, sejarah kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad SAW, sampai dengan masa Khulafaurrasyidin. Secara substansial, mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan,  membentuk sikap, watak, dan kepribadian peserta didik.
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut:
a. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam  yang telah dibangun oleh Rasulullah SAW dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
b.   Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan  sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan;
c.  Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
d.   Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.
e.   Mengembangkan  kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

RUANG LINGKUP
Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Ibtidaiyah meliputi :
1. Sejarah masyarakat Arab pra-Islam, sejarah kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad SAW.
2. Dakwah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya, yang meliputi kegigihan dan ketabahannya dalam berdakwah, kepribadian Nabi Muhammad SAW, hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif, peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.
3.  Peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib, keperwiraan Nabi Muhammad SAW, peristiwa Fathu Makkah, dan peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW.
4.   Peristiwa-peristiwa pada masa khulafaurrasyidin.
5.   Sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing.


STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Kelas III, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Mengenal sejarah masyarakat Arab pra- Islam
1.1  Menceritakan kondisi alam, sosial, dan  perekonomian masyarakat Arab pra-Islam
1.2  Menjelaskan keadaan adat-istiadat dan kepercayaan masyarakat Arab pra-Islam
1.3 Menjelaskan masa remaja atau masa muda Nabi Muhammad SAW 
1.4 Mengambil ibrah dari sejarah masyarakat Arab pra-Islam
                                                    



Kelas III, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
2. Mengenal sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW
2.1   Menceritakan kejadian luar biasa yang mengiringi lahirnya Nabi Muhammad SAW
2.2   Menceritakan sejarah kelahiran dan silsilah Nabi Muhammad SAW
2.3   Mengambil ibrah dari kenabian dan kerasulan Muhammad SAW
3. Mengenal peristiwa kerasulan Muhammad SAW
3.1.  Mendeskripsikan peristiwa kerasulan Muhammad SAW
3.2   Mengambil ibrah peristiwa kerasulan Muhammad SAW

Kelas IV, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Mengenal dakwah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya


1.1    Menjelaskan dakwah Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya
1.2    Menunjukkan contoh ketabahan Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya dalam berdakwah
1.3   Meneladani  ketabahan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam berdakwah
2. Mengenal kepribadian Nabi Muhammad SAW
2.1   Mengidentifikasi  ciri-ciri kepribadian Nabi Muhammad SAW  sebagai rahmat bagi seluruh alam
2.2   Menunjukkan contoh perilaku yang meneladani kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam
2.3   Meneladani  kepribadian Nabi Muhammad SAW  sebagai rahmat bagi seluruh alam

Kelas IV, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
3. Memahami hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif  dan Habsyah


3.1   Mengidentifikasi sebab-sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke Thaif dan Habsyah
3.2   Menceritakan  peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah
3.3   Meneladani  kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa hijrah ke Thaif dan Habsyah
4. Memahami peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
4.1   Mendeskripsikan  peristiwa Isra’-Mi’raj Nabi Muhammad SAW
4.1  Mengambil hikmah dari peristiwa Isra’-Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Kelas V,  Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Mengenal peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib
1.1   Mengidentifikasi sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib
1.2   Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke  Yatsrib
1.3    Mengambil hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib
2. Memahami keperwiraan Nabi Muhammad SAW
2.1   Mendeskripsikan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah (sosial, ekonomi, agama, dan pertahanan)
2.1  Meneladani  keperwiraan Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah
                                 
Kelas V,  Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
3. Mengenal peristiwa Fathu Makkah


3.1   Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya Fathu Makkah
3.2   Menceritakan kronologi peristiwa Fathu Makkah
3.3   Mengambil ibrah dari peristiwa Fathu Makkah
4. Mengidentifikasi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW
4.1    Menceritakan peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW
4.2   Mengambil hikmah dari peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW

Kelas VI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Mengenal sejarah khalifah Abu Bakar as-Shiddiq



1.1    Menjelaskan arti dan tugas khulafaurrasyidin
1.2    Menceritakan silsilah, kepribadian Abu
         Bakar  as-Shiddiq dan perjuangannya dalam dakwah Islam
1.3    Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari khalifah Abu Bakar as-Shiddiq
1.4    Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Abu Bakar As Siddiq

2. Mengenal sejarah khalifah
    Umar bin Khattab
2.1    Menceritakan silsilah, kepribadian Umar bin Khattab dan perjuangannya dalam dakwah Islam
2.2    Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari khalifah Umar bin Khattab.
2.3    Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Umar bin Khattab
3. Mengenal sejarah khalifah Utsman bin Affan


3.1    Menceritakan silsilah, kepribadian Utsman bin Affan dan  perjuangannya dalam dakwah Islam
3.2    Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari khalifah Utsman bin Affan
3.3    Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Utsman bin Affan

Kelas VI, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
4.    Mengenal sejarah khalifah Ali bin Abi Thalib
4.1   Menceritakan silsilah, kepribadian, dan perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib
4.2   Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib
4.3   Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib
 5.    Mengenal sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing.

5.1  Mengidentifikasi tokoh-tokoh agama Islam di daerah masing-masing
5.2   Menceritakan sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing
5.3   Meneladani perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing

ARAH PENGEMBANGAN
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.



BAB VII
STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB
MADRASAH TSANAWIYAH

 

LATAR BELAKANG

Di dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh peserta didik di madrasah adalah pendidikan agama Islam, yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah terdiri atas empat mata pelajaran,  yaitu: Al-Qur'an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. al-Qur'an-hadis merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan sumber akidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut. Akidah (usuluddin) atau keimanan merupakan akar atau pokok agama. Syariah/fikih (ibadah, muamalah) dan akhlak berti­tik tolak dari akidah, yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari akidah (keimanan dan keyakinan hidup). Syari’ah/fikih merupakan sistem norma (aturan) yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, sesama manusia dan dengan makhluk lainnya. Akhlak merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, dalam arti bagaimana sistem norma yang mengatur hubungan manusia dengan Allah (ibadah dalam arti khas) dan hubungan manusia dengan manusia dan lainnya (muamalah) itu menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup manusia dalam menjalankan sistem kehidupannya (politik, ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan, kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang dilandasi oleh akidah yang kokoh. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidu­pannya yang dilandasi oleh akidah.
Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah yang terdiri atas empat mata pelajaran tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. al-Qur'an-hadis, menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Aspek akidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’ al-husna. Aspek Akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Aspek fikih menekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan baik. Aspek sejarah kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
Penyusunan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah ini dilakukan dengan cara mempertimbangkan dan me-review  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam aspek keimanan/akidah dan akhlak untuk SMP/MTs, serta memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006, tanggal 1 Agustus 2006, tentang Pelaksanaan Standar Isi, yang intinya bahwa madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.
TUJUAN
Sejarah Kebudayaan Islam di MTs merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam di masa lampau, mulai dari perkembangan masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad SAW dan Khulafaurrasyidin, Bani ummayah, Abbasiyah, Ayyubiyah sampai perkembangan Islam di Indonesia.  Secara substansial, mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan,  membentuk sikap, watak, dan kepribadian peserta didik.
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut:

a.       Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam  yang telah dibangun oleh Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
b.      Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan  sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.
c.       Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
d.      Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.
e.       Mengembangkan  kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

RUANG LINGKUP
Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Tsanawiyah meliputi:
a.    Pengertian dan tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam
b.   Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah
c.    Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
d.   Memahami peradaban Islam pada masa Khulafaurrasyidin
e.    Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani Umaiyah
f.     Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
g.    Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
h.    Memahami perkembangan Islam di Indonesia.


STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

a. Kelas VII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Memahami Sejarah Kebudayaan Islam



1.1    Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
1.2    Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
1.3    Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam
2. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah

2.1    Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
2.2    Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat untuk masa kini dan yang akan datang
2.3    Meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
3. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah

3.1     Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
3.2    Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang
3.3    Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para sahabat di Madinah

b. Kelas VII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin
1.1    Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
1.2    Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin untuk masa kini dan yang akan datang
1.3    Meneladani gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin
2. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah

2.1       Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah
2.2       Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
2.3       Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
2.4       Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang
2.5    Meneladani kesederhanaan dan kesalihan Umar bin abdul Aziz

c. Kelas VIII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.1   Menceritakan sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah
1.2   Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.3   Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.4   Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan datang
1.5 Meneladani ketekunan dan kegigihan Bani Abbasiyah

d. Kelas VIII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
2. Memahami perkembangan Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
2.1   Menceritakan sejarah berdirinya Dinasti al-Ayyubiyah
2.2   Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah
2.3   Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
2.4   Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah untuk masa kini dan yang akan datang
2.5   Meneladani sikap keperwiraan Shalahuddin al-Ayyubi


e. Kelas IX, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Memahami perkembangan Islam di Indonesia
1.1   Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
1.2   Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
1.3   Mengidentifikasi para tokoh dan perannya dalam perkembangan Islam di Indonesia
1.4   Meneladani semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia

f. Kelas IX, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara

1.1   Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
1.1  Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara

ARAH PENGEMBANGAN
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.





















BAB VIII
STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB
MADRASAH ALIYAH

LATAR BELAKANG

Di dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh peserta didik di madrasah adalah pendidikan agama Islam, yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah terdiri atas empat mata pelajaran,  yaitu: Al-Qur'an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. Al-Qur'an-Hadis merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan sumber akidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut. Akidah (Usuluddin) atau keimanan merupakan akar atau pokok agama. Syariah/fikih (ibadah, muamalah) dan akhlak berti­tik tolak dari akidah, yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari akidah (keimanan dan keyakinan hidup). Syari’ah/fikih merupakan sistem norma (aturan) yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, sesama manusia dan dengan makhluk lainnya. Akhlak merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, dalam arti bagaimana sistem norma yang mengatur hubungan manusia dengan Allah (ibadah dalam arti khas) dan hubungan manusia dengan manusia dan lainnya (muamalah) itu menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup manusia dalam menjalankan sistem kehidupannya (politik, ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan, Kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang dilandasi oleh akidah yang kokoh. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidu­pannya yang dilandasi oleh akidah.
Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah yang terdiri atas empat mata pelajaran tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Al-Qur'an-Hadis, menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Aspek akidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’ al-husna. Aspek Akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Aspek fikih menekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan baik. Aspek sejarah Kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan Kebudayaan dan peradaban Islam.
Penyusunan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Aliyah ini dilakukan dengan cara mempertimbangkan dan me-review  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam aspek keimanan/akidah dan akhlak untuk SMA/MA, serta memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006 , tanggal 1 Agustus 2006, tentang Pelaksanaan Standar Isi, yang intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.
TUJUAN
     Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/ peradaban Islam  di masa lampau, mulai dari dakwah Nabi Muhammad pada periode Makkah dan periode Madinah, kepemimpinan umat setelah Rasulullah SAW wafat, sampai perkembangan Islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M–1250 M, abad pertengahan/zaman kemunduran (1250 M–1800 M), dan masa modern/zaman kebangkitan (1800-sekarang), serta perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia. Secara substansial mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati Sejarah Kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan,  membentuk sikap, watak, dan kepribadian peserta didik.
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut:
a.       Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam  yang telah dibangun oleh Rasulullah SAW dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
b.      Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan  sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
c.       Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
d.      Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.
e.          Mengembangkan  kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni dan lain-lain untuk mengembangkan Kebudayaan dan peradaban Islam.

RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah meliputi :   
a.    Dakwah Nabi Muhammad pada periode Makkah dan periode Madinah.
b.   Kepemimpinan umat setelah Rasulullah SAW wafat.
c.    Perkembangan Islam periode klasik/zaman keemasan (pada tahun 650 M – 1250 M).
d.   Perkembangan Islam pada abad pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800 M).
e.    Perkembangan Islam pada masa modern /zaman kebangkitan (1800-sekarang). 
f.     Perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia.



















STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
a. Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.  Memahami keteladanan dakwah
      Rasulullah dalam membina umat

1.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah dan Madinah
1.2 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Makkah dan Madinah
1.3 Mengidentifikasi hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah
1.4               Mengambil ibrah dari perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
2.   Memahami masalah kepemimpinan umat Islam pasca Nabi wafat

2.1      Menceritakan proses dan model pemilihan kepemimpinan pada masa Khulafaaurraasyidiin
2.2      Mendeskripsikan strategi kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin
2.3               Mengambil ibrah dari kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
3.   Memahami perkembangan Islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M – 1250 M

3.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada periode klasik
3.2 Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada periode klasik
3.3 Mengambil ibrah dari perkembangan Islam pada periode klasik untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
3.4               Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada periode klasik
4.           Memahami perkembangan Islam pada periode pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800 M)
4.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan
4.2 Menceritakan sebab-sebab kemunduran Islam pada abad pertengahan
4.3               Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam pada periode pertengahan untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang


b. Kelas XII, Semester
2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.   Memahami perkembangan Islam pada masa modern /zaman kebangkitan (1800-sekarang)

1.   Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern
2.   Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada masa modern
3.   Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam pada masa modern
4.   Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada masa modern
2.   Memahami perkembangan Islam di Indonesia

1.   Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
2.   Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di Indonesia
3.   Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam di Indonesia
4.   Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di Indonesia
3.   Memahami perkembangan Islam di dunia
1.   Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
2.   Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di dunia
3.   Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam di dunia
4.   Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di dunia

E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendampingan Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu (BBB) di SDN 1 Sambon Kec. Banyudono Kab. Boyolali

 Assalamu'alaikum... Sugeng Enjang.... Halo, kali ini saya akan menyampaikan kegiatan Pendampingan Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu (BBB)...