Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan pendidikan : Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : X
Semester : Gasal
Pertemuan : 4
Alokasi waktu : 1 X 15 menit
I.
Standar
Kompetensi
Membiasakan perilaku
terpuji
II.
Kompetensi
Dasar
Menyebutkan pengertian
perilaku husnuzhan
III.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
a. Siswa
dapat menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan terhadap Allah SWT
b. Siswa
dapat menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
c. Siswa
dapat menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan terhadap sesama manusia.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi perilaku husnuzhan:
a. Dengan metode
ceramah dan strategi long snake, siswa dapat menyebutkan pengertian husnuzhan
terhadap Allah SWT, terhadap diri sendiri, dan terhadap sesama manusia.
b. Dengan strategi pilih
gambar, siswa dapat mengingat pengertian husnuzhan terhadap Allah SWT, terhadap
diri sendiri, dan terhadap sesama manusia.
V.
Materi
Ajar/ Materi Pembelajaran
a.
Pengertian
perilaku husnuzhan terhadap Allah SWT
b.
Pengertian
perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri
c.
Pengertian
perilaku husnuzhan terhadap sesama manusia
Nilai karakter yang
dapat dikembangkan:
a. Cinta
Ilmu
b. Berani
c. Pantang
menyerah
d. Jujur
VI.
Pendekatan/
Metode/ Strategi
Pendekatan: Keimanan
dan keteladanan
Metode : Ceramah
Strategi : Long Snake dan pilih gambar
VII.
Kegiatan
Pembelajaran
a.Kegiatan
Pendahuluan
- Siswa menjawab salam
yang disampaikan oleh guru
- Siswa berdoa
bersama-sama dengan tenang
- Guru menarik
perhatian siswa dengan motivasi singkat.
Apersepsi
Guru menanyakan tentang
materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya untuk
menghubungkan dengan materi yang akan dipelajari.
Pre test
Guru menanyakan materi pengertian perilaku husnuzhan
Acuan
Guru menjelaskan terlebih dahulu
kompetensi dasar yaitu Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan, yang mencakup indikator: Siswa dapat
menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan terhadap Allah SWT, Siswa dapat
menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri, Siswa dapat
menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan terhadap sesama manusia.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru menjelaskan proses pembelajaran
-
Semua peserta didik mengikuti kegiatan
inti dengan aktif dan cermat.
Elaborasi
-
Peserta didik mencari informasi dalam handout selama proses
pembelajaran.
-
Strategi Long Snake:
è Siswa
dibagi menjadi tiga kelompok.
è Setiap
kelompok mendapat materi tentang pengertian perilaku husnuzhan terhadap Allah
SWT, diri sendiri dan sesama manusia.
è Setiap
kelompok yang terdiri dari tiga orang yang akan menghafal pengertian husnuzhan.
Dengan ketentuan:
a. Orang
pertama akan menghafal pengertian husnuzhan terhadap Allah SWT.
b. Orang
kedua akan menghafal pengertian husnuzhan terhadap diri sendiri.
c. Orang
ketiga akan menghafal pengertian husnuzhan terhadap sesama manusia.
è Guru
menggunakan timer untuk membandingkan waktu tiap kelompok.
è Guru
dan siswa meluruskan jawaban yang salah.
è Guru
memberi apresiasi kepada kelompokm yang menggunakan waktu sedikit.
Konfirmasi
-
Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil jawaban siswa untuk meluruskan kesimpulan-kesimpulan diskusi yang
kurang tepat.
c. Kegiatan
Penutup
-
Strategi
Pilih Gambar
è Siswa melihat gambar/ foto teman-teman
sekelas di power point.
è Setiap siswa memilih gambar/ foto salah satu
temannya yang memiliki kebiasaan husnuzhan terhadap Allah SWT, diri sendiri dan
sesama manusia.
è Guru dan siswa menghitung siapa yang mendapat
point terbanyak dari masing-masing kategori.
è Siswa yang mendapat point terbanyak memiliki gelar
Jawara Husnuzhan.
è Guru menginformasikan materi pelajaran pada
pertemuan yang akan datang.
è Setiap siswa diberi tugas individual mencari
contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah SWT, diri sendiri dan sesama manusia.
è Pembelajaran ditutup secara islami.
F. Penilaian
a. Teknik Penilaian:
- Test
b.Bentuk:
- Lisan
c. Bentuk instrumen
1) Jelaskan pengertian perilaku husnuzhan
terhadap Allah SWT!
2) Jelaskan pengertian perilaku husnuzhan
terhadap diri sendiri!
3) Jelaskan pengertian perilaku husnuzhan
terhadap diri sendiri!
Kunci Jawaban:
1. Selalu berprasangka baik kepada
Allah SWT, karena Allah SWT terhadap hambanya seperti yang hambanya sangkakan
kepadanya, begitu pula sebaliknya. Contoh: sabar, mengingat Allah dan
bersyukur.
2. Selalu
berprasangka baik terhadap diri sendiri baik percaya diri, dan berinisiatif.
3. Selalu
berprasangka baik terhadap sesama manusia, baik keluarga, tetangga dan
masyarakat bahkan binatang, tumbuh-tumbuhan maupun makhluk gaib.
G.
Sumber/ Media
Sumber Belajar
Margiono, Junaidi
Anwar, Latifah. 2006. Pendidikan Agama Islam 1 Lentera Kehidupan SMA Kelas X.
Jakarta: Yudhistira.
Media
-
Kertas HVS
-
LCD
-
Proyektor
Mengetahui,
Dosen
Pembimbing Lapangan
Drs. H, Sarjono, M. Si
NIP.
19560819 198103 1 004
Wonogiri,
30 Maret 2013
Praktikan
Chichi ‘Aisyatud
Da’watiz Zahroh
NIM.
10410006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar