Selasa, 21 Mei 2013

RPP berakarketr kelas 10 sma tentang perilaku terpuji


Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan pendidikan    : Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Yogyakarta
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam
Kelas                           : X
Semester                     : Gasal
Pertemuan                 : 4
Alokasi waktu            : 1 X 15 menit
I.                   Standar Kompetensi
Membiasakan perilaku terpuji
II.                Kompetensi Dasar
Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan
III.             Indikator Pencapaian Kompetensi
a.       Siswa dapat menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan terhadap Allah SWT
b.      Siswa dapat menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
c.       Siswa dapat menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan terhadap sesama manusia.
IV.             Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi perilaku husnuzhan:
a. Dengan metode ceramah dan strategi long snake, siswa dapat menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap Allah SWT, terhadap diri sendiri, dan terhadap sesama manusia.
b. Dengan strategi pilih gambar, siswa dapat mengingat pengertian husnuzhan terhadap Allah SWT, terhadap diri sendiri, dan terhadap sesama manusia.
V.                Materi Ajar/ Materi Pembelajaran
a.       Pengertian perilaku husnuzhan terhadap Allah SWT
b.      Pengertian perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri
c.       Pengertian perilaku husnuzhan terhadap sesama manusia
Nilai karakter yang dapat dikembangkan:
a.       Cinta Ilmu
b.      Berani
c.       Pantang menyerah
d.      Jujur
VI.             Pendekatan/ Metode/ Strategi
Pendekatan: Keimanan dan keteladanan
Metode      : Ceramah
Strategi      : Long Snake dan pilih gambar
VII.          Kegiatan Pembelajaran
a.Kegiatan Pendahuluan
- Siswa menjawab salam yang disampaikan oleh guru
- Siswa berdoa bersama-sama dengan tenang
- Guru menarik perhatian siswa dengan motivasi singkat.
 Apersepsi
Guru menanyakan tentang materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya untuk menghubungkan dengan materi yang akan dipelajari.
Pre test
Guru menanyakan materi pengertian perilaku husnuzhan
Acuan
Guru menjelaskan terlebih dahulu kompetensi dasar yaitu Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan, yang mencakup indikator: Siswa dapat menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan terhadap Allah SWT, Siswa dapat menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri, Siswa dapat menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan terhadap sesama manusia.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru menjelaskan proses pembelajaran
-          Semua peserta didik mengikuti kegiatan inti dengan aktif dan cermat.
Elaborasi
-          Peserta didik  mencari informasi dalam handout selama proses pembelajaran.
-          Strategi Long Snake:
è Siswa dibagi menjadi tiga kelompok.
è Setiap kelompok mendapat materi tentang pengertian perilaku husnuzhan terhadap Allah SWT, diri sendiri dan sesama manusia.
è Setiap kelompok yang terdiri dari tiga orang yang akan menghafal pengertian husnuzhan. Dengan ketentuan:
a.       Orang pertama akan menghafal pengertian husnuzhan terhadap Allah SWT.
b.      Orang kedua akan menghafal pengertian husnuzhan terhadap diri sendiri.
c.       Orang ketiga akan menghafal pengertian husnuzhan terhadap sesama manusia.
è Guru menggunakan timer untuk membandingkan waktu tiap kelompok.
è Guru dan siswa meluruskan jawaban yang salah.
è Guru memberi apresiasi kepada kelompokm yang menggunakan waktu sedikit.
Konfirmasi
-          Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil jawaban siswa untuk meluruskan kesimpulan-kesimpulan diskusi yang kurang tepat.
c.       Kegiatan Penutup
-          Strategi Pilih Gambar
è Siswa melihat gambar/ foto teman-teman sekelas di power point.
è Setiap siswa memilih gambar/ foto salah satu temannya yang memiliki kebiasaan husnuzhan terhadap Allah SWT, diri sendiri dan sesama manusia.
è Guru dan siswa menghitung siapa yang mendapat point terbanyak dari masing-masing kategori.
è Siswa yang mendapat point terbanyak memiliki gelar Jawara Husnuzhan.
è Guru menginformasikan materi pelajaran pada pertemuan yang akan datang.
è Setiap siswa diberi tugas individual mencari contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah SWT, diri sendiri dan sesama manusia.
è Pembelajaran ditutup secara islami.
F. Penilaian
a. Teknik Penilaian:
- Test
b.Bentuk:
- Lisan
c. Bentuk instrumen
1)      Jelaskan pengertian perilaku husnuzhan terhadap Allah SWT!
2)      Jelaskan pengertian perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri!
3)      Jelaskan pengertian perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri!
Kunci Jawaban:
1.      Selalu berprasangka baik kepada Allah SWT, karena Allah SWT terhadap hambanya seperti yang hambanya sangkakan kepadanya, begitu pula sebaliknya. Contoh: sabar, mengingat Allah dan bersyukur.
2.      Selalu berprasangka baik terhadap diri sendiri baik percaya diri, dan berinisiatif.
3.      Selalu berprasangka baik terhadap sesama manusia, baik keluarga, tetangga dan masyarakat bahkan binatang, tumbuh-tumbuhan maupun makhluk gaib.
G. Sumber/ Media
Sumber Belajar
Margiono, Junaidi Anwar, Latifah. 2006. Pendidikan Agama Islam 1 Lentera Kehidupan SMA Kelas X. Jakarta: Yudhistira.
Media
-          Kertas HVS
-          LCD
-          Proyektor


Mengetahui,
Dosen Pembimbing Lapangan



Drs. H, Sarjono, M. Si
NIP. 19560819 198103 1 004








Wonogiri, 30 Maret 2013
Praktikan


Chichi ‘Aisyatud Da’watiz Zahroh
NIM. 10410006


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendampingan Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu (BBB) di SDN 1 Sambon Kec. Banyudono Kab. Boyolali

 Assalamu'alaikum... Sugeng Enjang.... Halo, kali ini saya akan menyampaikan kegiatan Pendampingan Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu (BBB)...