KURIKULUM
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
MADRASAH
IBTIDAIYAH, TSANAWIYAH DAN ALIYAH
BERDASAR
PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA
NOMER 2 TAHUN
2008
TENTANG
STANDAR ISI DAN
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM DAN BAHASA ARAB DI MADRASAH
-------------------------------------------------------------------------------------------
Di olah oleh
Rofik, untuk Bahan Kuliah SKI dan Pembelajarannya
Smt. V/PAI-D,E,F Semester Gasal Tahun Akademik 2012 / 2013
|
TABEL STRUKTUR KURIKULUM
MADRASAH IBTIDAIYAH, MADRASAH
TSANAWIYAH,
DAN MADRASAH
ALIYAH
I. TABEL STRUKTUR KURIKULUM MADRASAH
IBTIDAIYAH
Komponen
|
Kelas dan Alokasi Waktu
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV, V,
dan VI
|
|
A.
Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
1. Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
a. Al-Qur'an-Hadis
|
|
|
|
2
|
b. Akidah-Akhlak
|
|
|
|
2
|
c. Fikih
|
|
|
|
2
|
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
|
|
|
2
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
|
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
|
|
|
5
|
4. Bahasa Arab
|
|
|
|
2
|
5. Matematika
|
|
|
|
5
|
6. Ilmu Pengetahuan Alam
|
|
|
|
4
|
7. Ilmu Pengetahuan Sosial
|
|
|
|
3
|
8. Seni Budaya dan Keterampilan
|
|
|
|
4
|
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan
|
|
|
|
4
|
B.
Muatan Lokal *)
|
|
|
|
2
|
C.
Pengembangan Diri **)
|
|
|
|
2
|
J u m l a h
|
31
|
31
|
33
|
39
|
Keterangan:
1.
Pembelajaran pada kelas I s.d. III dilaksanakan melalui
pendekatan tematik, sedangkan pada kelas
IV s.d. VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
2. *)
Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan
dengan ciri khas dan potensi daerah,
yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
3. **) Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh
guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan
kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).
II. TABEL STRUKTUR KURIKULUM MADRASAH TSANAWIYAH
K o m p o n e n
|
Kelas dan Alokasi Waktu
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
|
A.
Mata Pelajaran
|
|
|
|
1. Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
a. Al-Qur'an-Hadis
|
2
|
2
|
2
|
b. Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
c. Fikih
|
2
|
2
|
2
|
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
2
|
2
|
2
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4. Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
5. Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
6. Matematika
|
4
|
4
|
4
|
7. Ilmu Pengetahuan Alam
|
4
|
4
|
4
|
8. Ilmu Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
9. Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
10. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
11. Keterampilan/TIK
|
2
|
2
|
2
|
B.
Muatan Lokal *)
|
2
|
2
|
2
|
C.
Pengembangan Diri **)
|
2
|
2
|
2
|
J u m l a h
|
42
|
42
|
42
|
Keterangan:
*) Kegiatan
kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan
(madrasah).
**) Bukan mata pelajaran tetapi
harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan
kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).
III. TABEL STRUKTUR
KURIKULUM MADRASAH ALIYAH
1.
Kelas X
K o m p o n e n
|
Alokasi Waktu
|
|||
Semester 1
|
Semester 2
|
|||
A.
Mata Pelajaran
|
|
|
||
1.
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
||
a. Al-Qur'an-Hadis
|
2
|
2
|
||
b. Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
||
c. Fikih
|
2
|
2
|
||
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
-
|
-
|
||
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
||
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
||
4.
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
||
5.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
||
6.
Matematika
|
4
|
4
|
||
7.
Fisika
|
2
|
2
|
||
8.
Biologi
|
2
|
2
|
||
9.
Kimia
|
2
|
2
|
||
10.
Sejarah
|
1
|
1
|
||
11.
Geografi
|
1
|
1
|
||
12.
Ekonomi
|
2
|
2
|
||
13.
Sosiologi
|
2
|
2
|
||
14.
Seni Budaya
|
2
|
2
|
||
15.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
||
16.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
||
17.
Keterampilan/Bahasa Asing
|
2
|
2
|
||
B.
Muatan Lokal *)
|
2
|
2
|
||
C.
Pengembangan Diri **)
|
2
|
2
|
||
J u m l a h
|
46
|
46
|
||
Keterangan:
*) Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan
kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang
ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
|
||||
**) Bukan mata pelajaran tetapi
harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan
kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).
|
||||
|
|
|
2.
Program IPA
K o m p o n e n
|
Alokasi Waktu
|
|||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
|
A.
Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
1.
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
a. Al-Qur'an-Hadis
|
2
|
2
|
2
|
2
|
b. Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
-
|
-
|
c. Fikih
|
2
|
2
|
2
|
2
|
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4.
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
4
|
6.
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
7.
Fisika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
8.
Kimia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
9.
Biologi
|
4
|
4
|
4
|
4
|
10.
Sejarah
|
1
|
1
|
1
|
1
|
11.
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
12.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
13.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
14.
Keterampilan/Bahasa Asing
|
2
|
2
|
2
|
2
|
B.
Muatan Lokal *)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
C.
Pengembangan Diri **)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
J u m l a h
|
45
|
45
|
45
|
45
|
Keterangan:
*) Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan
kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
|
||||
**) Bukan mata pelajaran tetapi
harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan
kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).
|
3.
Program IPS
K o m p o n e n
|
Alokasi Waktu
|
|||||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
|||
A.
Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
||
1.
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
||
a. Al-Qur'an-Hadis
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
b. Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
-
|
-
|
||
c. Fikih
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
-
|
-
|
2
|
2
|
||
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
||
4.
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
5.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
4
|
||
6.
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
||
7.
Sejarah
|
3
|
3
|
3
|
3
|
||
8.
Geografi
|
3
|
3
|
3
|
3
|
||
9.
Ekonomi
|
4
|
4
|
4
|
4
|
||
10.
Sosiologi
|
3
|
3
|
3
|
3
|
||
11.
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
12.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
13.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
14.
Keterampilan/Bahasa Asing
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
B.
Muatan Lokal *)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
C.
Pengembangan Diri **)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
J u m l a h
|
45
|
45
|
45
|
45
|
||
Keterangan:
*) Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan
kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah)
|
||||||
**) Bukan mata pelajaran tetapi
harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan
kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).
|
||||||
|
|
|
||||
4.
Program Bahasa
K o m p o n e n
|
Alokasi Waktu
|
|||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
|
A.
Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
1.
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
a. Al-Qur'an-Hadis
|
2
|
2
|
2
|
2
|
b. Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
-
|
-
|
c. Fikih
|
2
|
2
|
2
|
2
|
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3.
Bahasa Indonesia
|
5
|
5
|
5
|
5
|
4.
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5.
Bahasa Inggris
|
5
|
5
|
5
|
5
|
6.
Bahasa Asing *)
|
4
|
4
|
4
|
4
|
7.
Matematika
|
3
|
3
|
3
|
3
|
8.
Sastra Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
9.
Antropologi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10.
Sejarah
|
2
|
2
|
2
|
2
|
11.
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
12.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
13.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
14.
Keterampilan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
B.
Muatan Lokal **)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
C.
Pengembangan Diri ***)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
J u m l a h
|
45
|
45
|
45
|
45
|
Keterangan:
*) Selain Bahasa Inggris,
misalnya Jerman, Mandarin, Perancis, Jepang, Arab.
**) Kegiatan kurikuler untuk
mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah yang ditentukan oleh satuan pendidikan
(madrasah).
***) Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan
memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan
kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).
5.
Program Keagamaan
K o m p o n e n
|
Alokasi Waktu
|
|||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
|
A.
Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
1.
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
a. Akhlak
|
3
|
3
|
3
|
3
|
b. Sejarah Kebudayaan Islam
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4.
Bahasa Arab
|
4
|
4
|
4
|
4
|
5.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
4
|
6.
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
7.
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
8.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
9.
Tafsir
|
3
|
3
|
3
|
3
|
10.
Hadis
|
3
|
3
|
3
|
3
|
11.
Fikih
|
3
|
3
|
3
|
3
|
12.
Ilmu Kalam
|
3
|
3
|
3
|
3
|
13.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
14.
Keterampilan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
B.
Muatan Lokal *)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
C.
Pengembangan Diri **)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
J u m l a h
|
45
|
45
|
45
|
45
|
Keterangan:
*) Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan
kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
**) Bukan mata pelajaran tetapi
harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk
mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan
pendidikan (madrasah).
BAB VI
STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB
MADRASAH
IBTIDAIYAH
LATAR BELAKANG
Di dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk
mencapai tujuan tersebut, salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh
peserta didik di madrasah adalah Pendidikan Agama Islam, yang dimaksudkan untuk
membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
Pendidikan Agama
Islam di Madrasah Ibtidaiyah terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu: Al-Qur'an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih,
dan Sejarah Kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada
dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. Al-Qur'an-hadis merupakan
sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan sumber akidah-akhlak,
syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut.
Akidah (ushuluddin) atau keimanan merupakan akar atau pokok agama.
Syariah/fikih (ibadah, muamalah) dan akhlak bertitik tolak dari akidah,
yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari akidah (keimanan dan keyakinan
hidup). Syari’ah/fikih merupakan sistem norma (aturan) yang mengatur hubungan
manusia dengan Allah, sesama manusia dan dengan makhluk lainnya. Akhlak
merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, dalam arti
bagaimana sistem norma yang mengatur hubungan manusia dengan Allah (ibadah
dalam arti khas) dan hubungan manusia dengan manusia dan lainnya (muamalah) itu
menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup manusia dalam menjalankan sistem
kehidupannya (politik, ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan,
kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang dilandasi oleh
akidah yang kokoh. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan
hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan
bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidupannya yang
dilandasi oleh akidah.
Pendidikan Agama
Islam (PAI) di Madrasah Ibtidaiyah yang terdiri atas empat mata pelajaran
tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Al-Qur’an-hadis,
menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara
tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan
sehari-hari. Aspek akidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan
keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’
al-husna. Aspek akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak
terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Aspek fikih
menekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan
baik. Aspek Sejarah Kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah
dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh
berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik,
ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan
peradaban Islam.
Penyusunan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar
(KD) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab di Madrasah
Ibtidaiyah ini dilakukan dengan cara mempertimbangkan dan me-review Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor
22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk SD/MI, serta
memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006
, tanggal 1 Agustus 2006, tentang Pelaksanaan Standar Isi, yang intinya bahwa
Madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan mengembangkan kurikulum
dengan standar yang lebih tinggi.
TUJUAN
Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah merupakan
salah satu mata pelajaran PAI yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan,
peranan kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam
sejarah Islam pada masa lampau, mulai dari sejarah
masyarakat Arab pra-Islam, sejarah kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad SAW,
sampai dengan masa Khulafaurrasyidin. Secara
substansial, mata pelajaran Sejarah Kebudayan
Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik
untuk mengenal, memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam, yang mengandung
nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak, dan kepribadian
peserta didik.
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah
Ibtidaiyah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan
sebagai berikut:
a. Membangun kesadaran peserta didik
tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma
Islam yang telah dibangun oleh
Rasulullah SAW dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
b.
Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat
yang merupakan sebuah proses dari masa
lampau, masa kini, dan masa depan;
c.
Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara
benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
d.
Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan
sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.
e.
Mengembangkan kemampuan peserta
didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam),
meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial,
budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan
kebudayaan dan peradaban Islam.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup Sejarah Kebudayan
Islam di Madrasah
Ibtidaiyah meliputi :
1. Sejarah masyarakat Arab pra-Islam,
sejarah kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad SAW.
2. Dakwah Nabi Muhammad SAW dan para
sahabatnya, yang meliputi kegigihan dan ketabahannya dalam berdakwah,
kepribadian Nabi Muhammad SAW, hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif, peristiwa Isra’
Mi’raj Nabi Muhammad SAW.
3.
Peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib, keperwiraan Nabi Muhammad
SAW, peristiwa Fathu Makkah, dan peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW.
4.
Peristiwa-peristiwa
pada masa khulafaurrasyidin.
5.
Sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing.
STANDAR KOMPETENSI
DAN KOMPETENSI DASAR
Kelas III,
Semester 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Mengenal
sejarah masyarakat Arab pra- Islam
|
1.1
Menceritakan kondisi alam, sosial, dan
perekonomian masyarakat Arab pra-Islam
|
1.2
Menjelaskan keadaan adat-istiadat dan kepercayaan masyarakat Arab
pra-Islam
|
|
1.3 Menjelaskan masa remaja atau masa
muda Nabi Muhammad SAW
1.4 Mengambil ibrah dari sejarah
masyarakat Arab pra-Islam
|
Kelas III, Semester 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
2. Mengenal sejarah
kelahiran Nabi Muhammad SAW
|
2.1
Menceritakan kejadian luar biasa yang mengiringi lahirnya Nabi
Muhammad SAW
|
2.2
Menceritakan sejarah kelahiran dan silsilah Nabi Muhammad SAW
|
|
2.3 Mengambil ibrah dari kenabian dan
kerasulan Muhammad SAW
|
|
3.
Mengenal peristiwa kerasulan Muhammad SAW
|
3.1.
Mendeskripsikan peristiwa kerasulan Muhammad SAW
3.2 Mengambil ibrah peristiwa kerasulan
Muhammad SAW
|
Kelas IV, Semester 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Mengenal dakwah Nabi Muhammad SAW
dan para sahabatnya
|
1.1 Menjelaskan dakwah Nabi Muhammad SAW
beserta para sahabatnya
|
1.2
Menunjukkan contoh ketabahan Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya
dalam berdakwah
|
|
1.3
Meneladani ketabahan Nabi
Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam berdakwah
|
|
2. Mengenal kepribadian Nabi Muhammad
SAW
|
2.1
Mengidentifikasi ciri-ciri
kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai
rahmat bagi seluruh alam
|
2.2
Menunjukkan contoh perilaku yang meneladani kepribadian Nabi Muhammad
SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam
|
|
2.3
Meneladani kepribadian Nabi
Muhammad SAW sebagai rahmat bagi
seluruh alam
|
Kelas IV, Semester 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3. Memahami hijrah Nabi Muhammad SAW
ke Thaif dan Habsyah
|
3.1
Mengidentifikasi sebab-sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke Thaif dan
Habsyah
|
3.2
Menceritakan peristiwa hijrah
Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah
|
|
3.3
Meneladani kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa
hijrah ke Thaif dan Habsyah
|
|
4. Memahami peristiwa Isra’ Mi’raj
Nabi Muhammad SAW
|
4.1
Mendeskripsikan peristiwa Isra’-Mi’raj
Nabi Muhammad SAW
|
4.1 Mengambil hikmah dari peristiwa Isra’-Mi’raj Nabi
Muhammad SAW
|
Kelas V, Semester 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Mengenal peristiwa hijrah Nabi
Muhammad SAW ke Yatsrib
|
1.1
Mengidentifikasi sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib
|
1.2
Menceritakan
peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke
Yatsrib
|
|
1.3
Mengambil hikmah dari peristiwa
hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib
|
|
2. Memahami keperwiraan Nabi Muhammad
SAW
|
2.1
Mendeskripsikan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam membina
masyarakat Madinah (sosial, ekonomi, agama, dan pertahanan)
|
2.1 Meneladani
keperwiraan Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah
|
Kelas V, Semester 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.
Mengenal peristiwa Fathu Makkah
|
3.1
Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya Fathu Makkah
|
3.2
Menceritakan kronologi peristiwa Fathu Makkah
|
|
3.3 Mengambil ibrah dari peristiwa Fathu
Makkah
|
|
4.
Mengidentifikasi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW
|
4.1
Menceritakan peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW
4.2 Mengambil hikmah dari peristiwa akhir
hayat Rasulullah SAW
|
Kelas VI, Semester 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Mengenal sejarah khalifah Abu
Bakar as-Shiddiq
|
1.1
Menjelaskan arti dan tugas khulafaurrasyidin
|
1.2
Menceritakan silsilah, kepribadian Abu
Bakar as-Shiddiq dan perjuangannya dalam dakwah
Islam
|
|
1.3
Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari khalifah Abu Bakar
as-Shiddiq
|
|
1.4
Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Abu Bakar As Siddiq
|
|
2. Mengenal
sejarah khalifah
Umar bin Khattab
|
2.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Umar
bin Khattab dan perjuangannya dalam dakwah Islam
|
2.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai
positif dari khalifah Umar bin Khattab.
|
|
2.3 Meneladani nilai-nilai positif dari
kekhalifahan Umar bin Khattab
|
|
3. Mengenal
sejarah khalifah Utsman bin Affan
|
3.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Utsman
bin Affan dan perjuangannya dalam
dakwah Islam
|
3.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai
positif dari khalifah Utsman bin Affan
|
|
3.3 Meneladani nilai-nilai positif dari
kekhalifahan Utsman bin Affan
|
Kelas VI, Semester 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
4.
Mengenal sejarah khalifah Ali bin Abi Thalib
|
4.1 Menceritakan silsilah, kepribadian, dan
perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib
|
4.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai
positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib
|
|
4.3 Meneladani nilai-nilai positif dari
kekhalifahan Ali bin Abi Thalib
|
|
5.
Mengenal sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing.
|
5.1 Mengidentifikasi tokoh-tokoh agama Islam di
daerah masing-masing
|
5.2 Menceritakan sejarah perjuangan tokoh
agama Islam di daerah masing-masing
|
|
5.3 Meneladani perjuangan tokoh agama Islam di
daerah masing-masing
|
ARAH PENGEMBANGAN
Standar kompetensi dan kompetensi dasar
menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran,
dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
BAB VII
STANDAR
KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB
MADRASAH TSANAWIYAH
LATAR BELAKANG
Di dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk
mencapai tujuan tersebut, salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh
peserta didik di madrasah adalah pendidikan agama Islam, yang dimaksudkan untuk
membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
Pendidikan Agama
Islam di Madrasah Tsanawiyah terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu: Al-Qur'an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih,
dan Sejarah Kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada
dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. al-Qur'an-hadis merupakan
sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan sumber akidah-akhlak,
syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut.
Akidah (usuluddin) atau keimanan merupakan akar atau pokok agama. Syariah/fikih
(ibadah, muamalah) dan akhlak bertitik tolak dari akidah, yakni sebagai
manifestasi dan konsekuensi dari akidah (keimanan dan keyakinan hidup).
Syari’ah/fikih merupakan sistem norma (aturan) yang mengatur hubungan manusia
dengan Allah, sesama manusia dan dengan makhluk lainnya. Akhlak merupakan aspek
sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, dalam arti bagaimana sistem norma
yang mengatur hubungan manusia dengan Allah (ibadah dalam arti khas) dan
hubungan manusia dengan manusia dan lainnya (muamalah) itu menjadi sikap hidup
dan kepribadian hidup manusia dalam menjalankan sistem kehidupannya (politik,
ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan, kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan,
dan lain-lain) yang dilandasi oleh akidah yang kokoh. Sejarah Kebudayaan Islam
merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam
usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan
sistem kehidupannya yang dilandasi oleh akidah.
Pendidikan Agama
Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah yang terdiri atas empat mata pelajaran
tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. al-Qur'an-hadis, menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar,
memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya
dalam kehidupan sehari-hari. Aspek akidah menekankan pada kemampuan memahami
dan mempertahankan keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan
mengamalkan nilai-nilai al-asma’ al-husna. Aspek Akhlak menekankan pada
pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam
kehidupan sehari-hari. Aspek fikih menekankan pada kemampuan cara melaksanakan
ibadah dan muamalah yang benar dan baik. Aspek sejarah kebudayaan Islam menekankan
pada kemampuan mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah
(Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena
sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk
mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
Penyusunan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar
(KD) mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah ini dilakukan dengan
cara mempertimbangkan dan me-review
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang
Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam aspek keimanan/akidah dan akhlak untuk SMP/MTs, serta
memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor:
DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006, tanggal 1 Agustus 2006, tentang Pelaksanaan Standar
Isi, yang intinya bahwa madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan
mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.
TUJUAN
Sejarah Kebudayaan
Islam di MTs merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang
asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang
berprestasi dalam sejarah Islam di masa lampau, mulai
dari perkembangan masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad SAW dan
Khulafaurrasyidin, Bani ummayah, Abbasiyah, Ayyubiyah sampai perkembangan Islam
di Indonesia. Secara substansial,
mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki
kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami,
menghayati sejarah kebudayaan Islam,
yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih
kecerdasan, membentuk sikap, watak, dan
kepribadian peserta didik.
Mata pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam di MTs bertujuan agar peserta
didik memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut:
a.
Membangun
kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran,
nilai-nilai dan norma-norma Islam yang
telah dibangun oleh Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan
peradaban Islam.
b.
Membangun
kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini,
dan masa depan.
c.
Melatih daya
kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan
didasarkan pada pendekatan ilmiah.
d.
Menumbuhkan
apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam
sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.
e. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah
dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh
berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik,
ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan
peradaban Islam.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup Sejarah Kebudayan
Islam di Madrasah
Tsanawiyah meliputi:
a.
Pengertian dan tujuan mempelajari sejarah kebudayaan
Islam
b.
Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode
Makkah
c.
Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode
Madinah
d.
Memahami peradaban
Islam pada masa Khulafaurrasyidin
e.
Perkembangan
masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani Umaiyah
f.
Perkembangan
masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
g.
Perkembangan
masyarakat Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
h.
Memahami perkembangan Islam di Indonesia.
STANDAR KOMPETENSI DAN
KOMPETENSI DASAR
a. Kelas VII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami Sejarah Kebudayaan Islam
|
1.1
Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
1.2
Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah
kebudayaan Islam
1.3 Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam
|
2.
Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah
|
2.1
Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat
bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
2.2
Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi
alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat untuk masa kini
dan yang akan datang
2.3
Meneladani
perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
|
3.
Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
|
3.1
Mendeskripsikan
sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi
dan perdagangan
3.2 Mengambil ibrah
dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan
ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang
3.3 Meneladani
semangat perjuangan Nabi dan para sahabat di Madinah
|
b. Kelas VII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami
sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin
|
1.1 Menceritakan berbagai prestasi yang
dicapai oleh Khulafaurrasyidin
1.2 Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi
yang dicapai oleh
Khulafaurrasyidin untuk masa kini dan yang akan
datang
1.3 Meneladani gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin
|
2. Memahami
perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah
|
2.1
Menceritakan
sejarah berdirinya daulah Amawiyah
2.2
Mendeskripsikan perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
2.3
Mengidentifikasi tokoh ilmuwan
muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani
Umaiyah
2.4
Mengambil ibrah
dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk
masa kini dan yang akan datang
2.5 Meneladani kesederhanaan dan
kesalihan Umar bin abdul Aziz
|
c. Kelas VIII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami
perkembangan Islam pada masa Bani Abbasiyah
|
1.1 Menceritakan sejarah berdirinya Daulah
Abbasiyah
1.2 Mendeskripsikan perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.3 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan
muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani
Abbasiyah
1.4 Mengambil ibrah dari perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang
akan datang
1.5 Meneladani ketekunan dan
kegigihan Bani Abbasiyah
|
d. Kelas VIII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
2. Memahami
perkembangan Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
|
2.1 Menceritakan sejarah berdirinya Dinasti
al-Ayyubiyah
2.2 Mendeskripsikan perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah
2.3 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan
muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa
Dinasti Al Ayyubiyah
2.4 Mengambil ibrah dari perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah untuk masa kini dan
yang akan datang
2.5 Meneladani sikap keperwiraan
Shalahuddin al-Ayyubi
|
e. Kelas IX, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami
perkembangan Islam di Indonesia
|
1.1 Menceritakan sejarah masuknya Islam di
Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
1.2 Menceritakan sejarah beberapa kerajaan
Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
1.3 Mengidentifikasi para tokoh dan
perannya dalam perkembangan Islam di Indonesia
1.4 Meneladani semangat para tokoh yang
berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia
|
f. Kelas IX, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami
sejarah tradisi Islam Nusantara
|
1.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai
bagian dari tradisi Islam
1.1
Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat
kesukuan Nusantara
|
ARAH PENGEMBANGAN
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk
mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian
kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian
perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
BAB VIII
STANDAR
KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB
MADRASAH ALIYAH
LATAR BELAKANG
Di dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan
untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu bidang studi yang
harus dipelajari oleh peserta didik di madrasah adalah pendidikan agama Islam,
yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
Pendidikan Agama
Islam di Madrasah Aliyah terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu: Al-Qur'an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih,
dan Sejarah Kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada
dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. Al-Qur'an-Hadis merupakan
sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan sumber akidah-akhlak,
syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur
tersebut. Akidah (Usuluddin) atau keimanan merupakan akar atau pokok agama.
Syariah/fikih (ibadah, muamalah) dan akhlak bertitik tolak dari akidah,
yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari akidah (keimanan dan keyakinan
hidup). Syari’ah/fikih merupakan sistem norma (aturan) yang mengatur hubungan
manusia dengan Allah, sesama manusia dan dengan makhluk lainnya. Akhlak
merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, dalam arti
bagaimana sistem norma yang mengatur hubungan manusia dengan Allah (ibadah
dalam arti khas) dan hubungan manusia dengan manusia dan lainnya (muamalah) itu
menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup manusia dalam menjalankan sistem
kehidupannya (politik, ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan,
Kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang dilandasi oleh
akidah yang kokoh. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan
hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan
bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidupannya yang
dilandasi oleh akidah.
Pendidikan Agama
Islam (PAI) di Madrasah Aliyah yang terdiri atas empat mata pelajaran tersebut
memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Al-Qur'an-Hadis,
menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara
tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan
sehari-hari. Aspek akidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan
keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’
al-husna. Aspek Akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak
terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Aspek fikih
menekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan
baik. Aspek sejarah Kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah
dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh
berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik,
ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan Kebudayaan dan
peradaban Islam.
Penyusunan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar
(KD) mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Aliyah ini dilakukan dengan cara
mempertimbangkan dan me-review
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang
Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam aspek keimanan/akidah dan akhlak untuk SMA/MA, serta
memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor:
DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006 , tanggal 1 Agustus 2006, tentang Pelaksanaan Standar
Isi, yang intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan
mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.
TUJUAN
Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah merupakan
salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan,
peranan kebudayaan/ peradaban Islam di
masa lampau, mulai dari dakwah Nabi Muhammad
pada periode Makkah dan periode Madinah, kepemimpinan umat setelah Rasulullah
SAW wafat, sampai perkembangan Islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun
650 M–1250 M, abad pertengahan/zaman kemunduran (1250 M–1800 M), dan masa
modern/zaman kebangkitan (1800-sekarang), serta perkembangan Islam di Indonesia
dan di dunia. Secara substansial mata
pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki
kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami,
menghayati Sejarah Kebudayaan Islam,
yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih
kecerdasan, membentuk sikap, watak, dan
kepribadian peserta didik.
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah
Aliyah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan sebagai
berikut:
a. Membangun kesadaran peserta didik
tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma
Islam yang telah dibangun oleh
Rasulullah SAW dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan
peradaban Islam.
b. Membangun kesadaran peserta didik
tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini,
dan masa depan
c. Melatih daya kritis peserta didik untuk
memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
d. Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan
peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat
Islam di masa lampau.
e.
Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah
dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh
berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik,
ekonomi, iptek dan seni dan lain-lain untuk mengembangkan Kebudayaan dan
peradaban Islam.
RUANG
LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah
meliputi :
a.
Dakwah Nabi
Muhammad pada periode Makkah dan periode Madinah.
b.
Kepemimpinan umat
setelah Rasulullah SAW wafat.
c.
Perkembangan Islam
periode klasik/zaman keemasan (pada tahun 650 M – 1250 M).
d.
Perkembangan Islam
pada abad pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800 M).
e.
Perkembangan Islam
pada masa modern /zaman kebangkitan (1800-sekarang).
f.
Perkembangan Islam
di Indonesia dan di dunia.
STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
a. Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami keteladanan dakwah
Rasulullah dalam membina umat
|
1.1
Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode
Makkah dan Madinah
1.2
Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW pada periode Makkah dan Madinah
1.3
Mengidentifikasi hasil-hasil perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada
periode Makkah dan Madinah
1.4
Mengambil ibrah dari perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada
periode Makkah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
|
2.
Memahami masalah
kepemimpinan umat Islam pasca Nabi wafat
|
2.1
Menceritakan proses dan model pemilihan kepemimpinan
pada masa Khulafaaurraasyidiin
2.2
Mendeskripsikan strategi kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin
2.3
Mengambil ibrah
dari kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin untuk kepentingan masa kini dan
yang akan datang
|
3.
Memahami
perkembangan Islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M – 1250 M
|
3.1
Menjelaskan perkembangan Islam pada periode klasik
3.3
Mengambil ibrah dari perkembangan Islam pada
periode klasik untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
3.4
Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
perkembangan Islam pada periode klasik
|
4.
Memahami perkembangan Islam pada periode
pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800 M)
|
4.1
Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan
4.2
Menceritakan sebab-sebab kemunduran Islam pada abad
pertengahan
4.3
Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan
Islam pada periode pertengahan untuk kepentingan masa kini dan yang akan
datang
|
|
|
b. Kelas XII, Semester
|
2
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami perkembangan Islam pada masa modern /zaman
kebangkitan (1800-sekarang)
|
1.
Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern
2.
Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan
tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada masa modern
3.
Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan
Islam pada masa modern
4.
Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
perkembangan Islam pada masa modern
|
2.
Memahami perkembangan Islam di Indonesia
|
1.
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
2.
Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan
tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di Indonesia
3.
Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan
Islam di Indonesia
4.
Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
perkembangan Islam di Indonesia
|
3. Memahami perkembangan Islam di dunia
|
1.
Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
2.
Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan
tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di dunia
3.
Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan
Islam di dunia
4.
Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
perkembangan Islam di dunia
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk
mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian
kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian
perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar