Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan pendidikan : Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Wonogiri
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : VII
Semester : Gasal
Pertemuan : 6
Alokasi waktu : 2 X 45 menit
I.
Standar
Kompetensi
Memahami tata cara
shalat
II.
Kompetensi
Dasar
a. Menjelaskan
ketentuan-ketentuan shalat wajib
b. Mempraktikkan Shalat
wajib
III.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
a. Siswa dapat menjelaskan
ketentuan-ketentuan shalat wajib
b. Siswa dapat
mendemonstrasikan shalat wajib
c. Siswa dapat
mempraktikkan shalat wajib dalam kehidupan sehari-hari
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi shalat wajib:
a. Dengan metode
ceramah dan strategi Reading Guided, peserta didik dapat menjelaskan
ketentuan-ketentuan shalat wajib.
b. Dengan strategi
Estafet Peragaan, peserta didik dapat mendemonstrasikan shalat wajib.
c. Dengan Metode
penugasan dan strategi Kartu shalat siswa, peserta didik dapat mempraktikkan
shalat wajib dalam kehidupan sehari-hari.
V.
Materi
Ajar/ Materi Pembelajaran
1.
Pengertian
shalat
2.
Syarat
wajib shalat
3.
Syarat
sah shalat
4.
Rukun
Shalat
5.
Sunnah-sunnah
Shalat
6.
Hal-hal
yang dapat membatalkan shalat
Nilai karakter yang
dapat dikembangkan:
a. Cinta
Ilmu
b. Tanggung
jawab
c. Jujur
VI.
Pendekatan/
Metode/ Strategi
Pendekatan: Keimanan
dan fungsional
Metode : Ceramah dan penugasan
Strategi : Reading guided, Estafet Peragaan dan
Kartu shalat siswa
VII.
Kegiatan
Pembelajaran
a.Kegiatan
Pendahuluan
- Siswa menjawab salam
yang disampaikan oleh guru
- Siswa berdoa
bersama-sama dengan tenang
- Guru menarik perhatian
siswa dengan motivasi singkat.
Apersepsi
Guru menanyakan tentang
materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya untuk
menghubungkan dengan materi yang akan dipelajari.
Pre test
Guru menanyakan materi shalat
wajib.
Acuan
Guru menjelaskan
terlebih dahulu kompetensi dasar yaitu menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat
wajib dan mempraktikkan shalat wajib yang mencakup indikator: siswa dapat
menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat wajib, Siswa dapat mendemonstrasikan
shalat wajib, Siswa dapat mempraktikkan shalat wajib dalam kehidupan
sehari-hari.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru menjelaskan proses pembelajaran
-
Semua peserta didik mengikuti kegiatan
inti dengan aktif dan cermat.
Elaborasi
-
Peserta didik mencari informasi dalam power point selama
proses pembelajaran.
è Setiap
siswa diberikan kertas yang harus diisi setiap baris yang kosong.
è Siswa
mengisi baris yang kosong sesuai dengan point-point yang dijelaskan dari guru
è Siswa
membacakan lembaran yang sudah diisi tentang materi ketentuan-ketentuan shalat
wajib.
è Guru
dan siswa meluruskan jawaban yang salah.
è Guru
memberi apresiasi kepada masing-masing siswa.
Konfirmasi
-
Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil jawaban peserta didik untuk meluruskan kesimpulan-kesimpulan
diskusi yang kurang tepat.
c. Kegiatan
Penutup
-
Strategi
Estafet Peragaan
è Setiap siswa secara estafet mendemonstrasikan
tata cara shalat wajib
è Siswa lain membenarkan tata cara shalat wajib
teman yang sedang demonstrasi.
è Guru meluruskan tata cara shalat wajib siswa
yang kurang benar.
è Guru menginformasikan materi pelajaran pada
pertemuan yang akan datang.
-
Strategi
tabel shalat siswa
è Setiap siswa diberi tugas individual mengisi
kartu shalat siswa selama satu minggu dengan jujur.
è Pembelajaran
ditutup secara islami.
F. Penilaian
a. Teknik Penilaian:
- Test
b.Bentuk:
- Lisan
c. Bentuk instrumen
1. Jelaskan pengertian
shalat secara bahasa dan istilah!
2. Sebutkan rukun-rukun
shalat!
3. apa perbedaan syarat
wajib shalat dan syarat sah shalat?
Kunci Jawaban:
1. Shalat secara bahasa
adalah doa. Secara istilah, ibadah berupa tindakan yang dimulai dengan takbir
dan diakhiri dengan salam dengan memenhui syarat dan rukun yang ditentukan
dengan tujuan pasrah dan mencari ridha Allah SWT.
2. Rukun Shalat:
a. Niat
b. Berdiri jika yang
mampu
c. Takbiratul Ihram
d. Membaca Surat
Al-Fatihah
e. Rukuk disertai
tuma’ninah
f. Iktidal disertai
tuma’ninah
g. Sujud dua kali
disertai tuma’ninah
h. Duduk diantara dua
sujud disertai tuma’ninah
i. Duduk akhir
j. Membaca tasyahud
akhir
k. Membaca sholawat
atas Nabi Muhammad SAW
l. mengucapkan salam
h. Menertibkan Rukun
3. Syarat wajib shalat
itu syarat-syarat atau hal-hal yang menjadikan seseorang diwajibkan mengerjakan
shalat sedangkan syarat sah shalat itu sesuatu yang harus dipenuhi sebelum
melakukan shalat sehingga shalat dihukumi sah
G.
Sumber/ Media
1. Sumber Belajar
-
Muhammad Nasikin, Hanif Nurcholis,
Mafrukhi. Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga. Hal: 76-93
-
Muhammad, Teungku Hasbi Ash Shiddieqy.
2000. Kuliah Ibadah, Ibadah ditinjau dari Segi Hukum dan Hikmah. Semarang:
Pustaka Rizki Putra. Hal, 129-132.
2.
Media
-
Kertas HVS
-
Kartu Shalat Siswa
Mengetahui,
Kepala
SMP N 1 Jatisrono
Drs. H, Sarjono, M. Si
NIP.
19560819 198103 1 004
Wonogiri,
9 Maret 2013
Guru
Mata Pelajaran PAI
Chichi ‘Aisyatud
Da’watiz Zahroh
NIM.
10410006
Lampiran:
1. Pengertian shalat
•
Shalat
secara bahasa adalah ..............
•
Secara
istilah, ............... berupa tindakan yang dimulai dengan takbir dan
diakhiri dengan salam dengan memenuhi syarat dan rukun yang ditentukan dengan
...........................dan mencari ridha Allah SWT.
2. Syarat wajib shalat
Syarat wajib shalat itu syarat-syarat atau hal-hal yang
menjadikan seseorang diwajibkan mengerjakan shalat.
•
Islam
•
Baligh
(dewasa)
•
Suci (dari
haid dan nifas bagi wanita)
•
........
•
Dakwah
telah sampai
•
.............
3. Syarat sah Shalat
Syarat sah shalat itu sesuatu yang harus dipenuhi
sebelum melakukan shalat sehingga shalat ........................
•
Suci dari
hadas besar dan kecil
•
Suci badan,
pakaian, dan tempat dari najis
•
Menutup
..............
•
Mengetahui
masuknya waktu shalat
•
..................................................
4. ................
•
a. Niat
•
b. Berdiri
jika yang mampu
•
c.
Takbiratul Ihram
•
d. Membaca
Surat Al-Fatihah
•
e. Rukuk
disertai ..............
•
f. Iktidal
disertai tuma’ninah
•
g. Sujud
dua kali disertai tuma’ninah
•
h. Duduk
diantara dua sujud disertai tuma’ninah
•
i. Duduk
akhir
•
j. Membaca ............
•
k. Membaca
sholawat atas Nabi Muhammad SAW
•
l.
mengucapkan salam
•
h.
........................Rukun
5. Yang membatalkan
shalat
•
Meninggalkan
salah satu rukun atau memutuskan rukun sebelum sempurna
dengan....................
•
Meninggalkan
salah satu syarat shalat
•
Berbicara
dengan sengaja di luar ......................
•
..............lebih
dari tiga kali
•
Makan dan
minum
•
Berubah
niat
•
Sesuati
yang keluar dari lubang dubur dan qubul
•
....................
KARTU SHALAT SISWA BULAN MARET 2013
Tanggal
|
Shubuh
|
Dzuhur
|
Ashar
|
Magrib
|
Isya’
|
Nilai
|
Paraf
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar